Pages

Pesona Keindahan Resor Wisata Pantai Nusa Dua Bali

Pantai Nusa Dua adalah salah satu pantai wisata alam yang terletak di Pulau Bali. Pantai ini merupakan tempat beristirahat yang nyaman dan sempurna karena anda bisa bersantai di bawah sinar matahari negeri tropis. Suasana disini tenang dan damai yang benar-benar akan menghibur anda jika berlibur bersama kesini.


Pantai Nusa Dua Bali tepatnya terletak 15 kilometer dari bandara internasional Bali, berada di ujung tenggara Pulau Bali. Dari kota Denpasar berjarak sekitar 40 km. Tempat ini menawarkan resor mewah bagi anda dengan pemandangan pantai pasir putih serta air laut yang jernih menyempurnakan indahnya tempat wisata. Mulai dari Bar, restoran, hotel bahkan pertokoan berkelas tinggi dengan harga yang melambangkan status ekonomi.

Laut yang berwarna biru dengan air yang jernih dan tenang, hamparan pasir yang sangat putih, diiringi hembusan angin yang sangat sejuk, benar-benar menyuguhkan sebuah pemandangan yang indah dan mempesona. Namun dikarenakan pantai ini berada di bagian paling ujung tenggara Pulau bali, maka Nusa Dua hanya sedikit pengunjung jika dibandingkan dengan pantai-pantai wisata lain yang ada di seluruh Bali. Suasana seperti ini menjadikan Nusa Dua lebih ekslusive dan private.

Asal-usul nama "Nusa Dua" berasal dari dua buah pulau mungil yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali yang terpisah oleh pasir putih. Nusa artinya pulai dan dua artinya angka dua. Kedua pulau kecil yang tandus ini sengaja dibiarkan alami tanpa bangunan apapun, namun menjadi salah satu tempat kunjungan para wisatawan. Wilayah Pantai Nusa Dua ini mendapat sertifikat Green Globe yang diberikan Evaluator Evaluate Communicate Evolve karena kawasan ini ramah lingkungan dan dikenal sebagai kawasan wisata alam yang peduli lingkungan.


Di kawasan ini, kepedulian terhadap lingkungan telah direncanakan dari awal dengan sistem pengelola limbah air dari perhotelan untuk diproses menjadi irigasi atau pengairan sawah/lahan pertanian. Eco Lagoon adalah nama dari pusat stasiun pengelolaan limbah. Semua prasarana seperti listrik, telepon, air, berada di instalasi bawah tanah agar keindahan Pantai Nusa Dua tetap terjaga. Tidak hanya itu, lampu-lampu di taman yang bisa menyala secara otomatis bertenaga surya atau sinar matahari. Hotel-hotel disini dibangun dengan ketinggian yang tidak lebih dari pohon nyiur atau kelapa dan maksimal terdiri dari 3-4 lantai. Sebuah hotel bernama hotel nikko dibangun dengan 15 lantai karena kontruksi bangunan ini mengikuti medan tebing yang tingginya mencapai sekitar 70 mdpl.

Pantai Nusa Dua Bali yang luasnya sekitar 350 hektar ini memiliki keistimewaan yang semakin lengkap oleh berbagai fasilitas yang eksklusif. Pantai Nusa Dua merupakan sebuah enklave yang berisi resor internasional berbintang lima. Dikatakan eksklusif karena kawasan ini menyediakan segala fasilitas perlengkapan yang diperlukan oleh sebuah tempat wisata, termasuk dilengkapi oleh olahraga air, hotel berkelas yang sangat nyaman, restoran mewah dengan menu bervariasi, dan sebagainya. Para pengunjung bisa menghirup udara segar yang dihasilkan oleh bunga-bungaan serta pohon palem yang bertebaran di kawasan ini.

Pantai ini pada awalnya dikembangkan oleh bali Tourism and Development Council (BTDC), sebuah badan pariwisata yang mengelola wilayah Nusa Dua. Sebelum itu, kawasan ini berupa bentangan alam dengan lahan kering yang tidak produktif hingga akhirnya diakuisisi pemerintah di tahun 1970, untuk selanjutnya dikelola sebagai proyek pariwisata berkelas internasional sebagai resor wisata budaya dengan rancang bangun yang terpadu dan kompherensif.


Sebuah perusahaan Perancis, "Centrale Societe Pour 1" ditetapkan oleh pemerintah RI sebagai penyusun rencana induk untuk mengembangkan secara berkelanjutan tempat-tempat pariwisata yang ada di Pulau Bali. Konsep yang digunakan dalam pembangunan adalah komplek resor mandiri yang berada di tepi laut, terpisah dari pemukiman warga guna meminimalisir dampak budaya asing terhadap budaya Bali. Resor dengan konsep wisata budaya ini memperoleh gelar sebagai 6 resor terbaik di dunia dan pada tahun 2008 pernah menjadi tuan rumah dalam rangka Konferensi PBB tentang perubahan iklim 2008. Resor Nusa Dua dibangun secara terpisah dari desa Bualu sebagai lokasi utama. Hal ini merupakan keunikan resor wisata Nusa Dua.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.