Pages

Oslo, Kota Dengan Minuman Kopi Paling Termahal Sedunia

Walaupun dijual di kedai kopi yang sama, harga kopi bisa jauh berbeda. Hal tersebut bisa dirasakan ketika Anda traveling ke Oslo, Norwegia. Di sana, secangkir latte Starbucks bisa mencapai Rp 95 ribu yang berarti termahal di dunia.

Hal ini terlihat ketika Wall Street Journal membandingkan harga kopi di beberapa kedai kopi Starbucks di dunia, seperti yang diberitakan News Australia, Senin (25/2/2013). Harga-harga kopi tersebut sudah dikonversi ke dolar AS menggunakan kurs tanggal 20 Februari termasuk pajaknya.

Dibandingkan kota-kota besar di dunia, Oslo, Norwegia adalah yang termahal. Di kota ini, Anda harus membayar USD 9,83 (Rp 95 ribu) untuk secangkir kopi espresso. Padahal untuk kopi yang sama, di Sydney, Australia harganya USD 4,82 (Rp 46 ribu); di New York, AS USD 4,30 (Rp 41 ribu); dan di New Delhi, India USD 2,80 (Rp 27 ribu).

Pun begitu dengan kota lainnya, seperti Zurich, Swiss USD 7,12 (Rp 69 ribu); Brussels, Belgia USD 5,65 (Rp 54 ribu); Istanbul, Turki USD 3,95 (Rp 38 ribu), dan di Meksiko USD 3,22 (Rp 31 ribu). Di Indonesia saja, untuk kopi yang sama, Sturbucks hanya mematok harga sekitar Rp 29 ribu.

"Ini akan mengeluarkan dolar lebih banyak untuk membeli latte Starbucks di sebuah negara dengan daya beli yang tinggi seperti Norwegia, dibandingkan dengan (negara) yang memiliki daya beli rendah seperti India," ungkap Wall Street Journal.

Selain kopi, makanan juga jadi yang termahal di Oslo. Baru-baru ini, UBS melaporkan Oslo sebagai kota termahal di dunia selama 3 tahun terakhir. New York Times juga mengatakan, saking mahalnya makanan di sana, Anda mungkin hanya bisa membeli setengah ketimun saja. Untuk satu ketimun pun bisa jadi uang Anda tak cukup!

"Kami pikir itu penting bagi wisatawan untuk tahu lebih dari sekadar biaya kamar hotel. Harga barang kebutuhan sehari-hari juga penting," ujar salah seorang dari situs layanan perbandingan harga PriceRunner, Martin Andersen.

Jadi jika Anda berencana untuk traveling ke Oslo, pastikan untuk menyiapkan anggaran yang lebih besar dan baca-baca tips traveling murah ke Oslo. Mungkin bisa juga dimulai dengan menabung dari sekarang.

Detik

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.