Pages

Desa Wisata Sade, Tempat Baru untuk Berburu Tenun Lombok

Wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat memang sedang bergeliat. Bukan cuma pantai dan gunung saja, Lombok juga terkenal dengan kerajinan kain tenunnya. Mau lihat langsung pembuatannya? Datang saja ke Desa Wisata Sade.

Wisata alam di Lombok boleh saja lebih familiar dengan telinga wisatawan. Tak hanya wisatawan domestik, turis mancanegara pun sudah mulai tahu kalau Pulau Lombok ini punya pesona yang lain. Mereka yang biasanya datang ke Bali sudah mulai berkunjung ke sini.

Lombok memang kaya. Alam, kebudayaan, dan kerajinannya membuat siapa saja pasti tertarik untuk berkunjung. Pulau ini punya rumah adat yang bisa Anda saksikan keelokannya di Desa Wisata Sade. Tapi ternyata, desa ini bukan hanya sebagai lokasi rumah adat saja, tapi juga salah satu sentra kerajinan kain tenun khas Lombok.

Desa Wisata Sade terletak satu jalur dengan Tanjung An dan Pantai Kuta. Setiap harinya, perempuan dan ibu-ibu setempat duduk di teras rumah mereka. Di depan mereka ada alat tenun tradisional yang dimainkan dengan jari-jarinya yang lihai. Hasil kerajinan ini adalah kain tenun yang berkualitas sama dengan mesin tenun modern.

Di desa ini juga terdapat sebuah masjid kuno yang masih berdiri kokoh sampai sekarang. Selain untuk ibadah sehari-hari, masjid ini juga menjadi tempat digelarnya upacara adat Maulid.

Detik

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.